Faktor Penentu Minat Berkunjung Ulang Pasien Tuberkulosis Di Poliklinik Paru Di Rumah Sakit Pirngadi Di Medan

Authors

  • yulin sari Institut Kesehatan Helvetia, Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Juliandi Harahap Institut Kesehatan Helvetia, Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Masnelly Lubis Institut Kesehatan Helvetia, Medan, Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46799/jhs.v1i5.56

Keywords:

Faktor Penentu, Minat Kunjungan Ulang Pasien; Tuerkolusis; Pelayanan kesehatan

Abstract

Sistem atau cara pelayanan yang optimal otomatis bisa memunculkan kepercayaan pasien pada instansi kesehatan. Jenis penelitian adalah dengan Cross Sectional dengan tujuan untuk mengetahui faktor penentu minat berkunjung ulang pasien tuberkulosis di Poliklinik Paru Rumah Sakit Pirngadi Medan dengan populasi penelitian adalah 1397 pasien TB yang berobat jalan dan sampel diambil dengan cara purposive sampling sebanyak 93 pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehandalan memiliki nilai sig-p 0,300 > 0,05, jaminan sig-p 0,008 < 0,05, bukti fisik sig-p 0,221 < 0,05, empati sig-p 0,028 < 0,05, daya tanggap sig-p 0,034 < 0,05 dan kepuasan pasien sig-p 0,008 < 0,05. Kesimpulan dalam penelitian ini ada pengaruh jaminan, empati, daya tanggap dan kepuasan pasien terhadap minat kunjungan ulang pasien tuberkulosis, sedangkan kehandalan dan bukti fisik tidak memiliki pengaruh terhadap minat kunjungan ulang pasien tuberkulosis. Diharapkan kepada pihak rumah sakit untuk meningkatkan kepuasan pasien menjadi lebih baik seperti memberikan rasa peduli kepada pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan

Downloads

Published

2020-11-25