Intervensi Edukasi Kesehatan Pada Pasien Gagal Ginjal Kronik Yang Menjalani Hemodialisis
DOI:
https://doi.org/10.46799/jhs.v1i5.50Keywords:
Intervensi; Edukasi Kesehatan; Penyakit Gagal Ginjal KronikAbstract
Jumlah Penderita Chronic Kidney Disease semakin tahun semakin meningkat. Terapi yang bisa lakukan oleh penderita CKD adalah dengan Hemodialisis. Peran perawat dalam proses hemodialisis sangat besar karena buruknya dampak komplikasi tersebut, maka intervensi keperawatan harus dilakukan dengan tepat. Studi ini bertujuan untuk mencari berbagai bukti terkait intervensi edukasi kesehatan pada pasien gagal ginjal kronik. Pencarian beberapa literatur berdasarkan pada PRISMA checklist dengan menggunakan 4 database yaitu Scopus, Pubmed, Sciencedirect dan google scholar. Jurnal dipilih sesuai dengan kriteria insklusi menggunakan JBI Critical Appraisal Tools. Sebanyak 15 jurnal dan artikel yang membahas tentang intervensi edukasi kesehatan pada pasien gagal ginjal kronik. Hasil studi dapat disimpulkan bahwa intervensi edukasi offline maupun online memiliki manfaat yang berbeda tergantung tingkat keefektifannya sehingga penerapannya juga tergantung individu yang akan menerima intervensi edukasi tersebut.Published
Versions
- 2020-12-02 (2)
- 2020-11-25 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Sri Purwanti Ariani, Syamsul Firdaus, Hiryadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.