Faktor Stress Kerja pada Guru Sekolah Dasar Negeri Selama Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Authors

  • Alviani Putri Priliana Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Esa Unggul Jakarta
  • Izzatu Millah Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Esa Unggul Jakarta
  • Eka Cempaka Putri Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Esa Unggul Jakarta
  • Cri Sajjana Prajna Wekadigunawan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Esa Unggul Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.46799/jhs.v4i4.875

Keywords:

Guru, Stres Kerja, Beban Kerja, Rutinitas Kerja, Hubungan Interpersonal, Lingkungan Kerja

Abstract

Guru merupakan sentralisasi bagi proses pendidikan, baik dan buruknya proses belajar mengajar tersebut guru yang mengarahkannya. Kondisi selama pandemi ini bisa menimbulkan stress kerja. Tuntutan dan tanggungjawab besar yang dimiliki oleh guru tersebut menjadikan guru mengalami stress. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang berhubungan dengan stress kerja pada guru SD Negeri Pulogebang 01 selama pertemuan tatap muka terbatas tahun 2022. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional study. Populasi guru yaitu 31 guru. Data analisis menggunakan uji Chi Square dengan hasil menunjukan bahwa ada hubungan antara hubungan interpersonal dengan stres kerja (p-value 0,006), lingkungan kerja dengan stres kerja (p-value 0,015). Serta tidak ada hubungan antara beban kerja dengan stres kerja (p-value 1,000), rutinitas kerja dengan stres kerja (0,228).  Maka dari itu perlu upaya dari kepala sekolah untuk menciptakan hubungan kerja yang harmonis antara guru dan atasan, hal ini perlu dilakukan supaya pekerjaan yang sulit dikerjakan akan mudah jika dilakukan bersama sama sehingga semua guru dapat bekerja dengan nyaman.

References

Anggraini, D. (2020a). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Stress Kerja Pada Guru SD N Di Kelurahan Cengkareng Timur Selama Work From Home Tahun 2020. 2(1), 5–7. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPPP/article/download/83/65%0Ahttp://www.embase.com/search/results?subaction=viewrecord&from=export&id=L603546864%5Cnhttp://dx.doi.org/10.1155/2015/420723%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76

Anggraini, D. (2020b). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Stress Kerja pada Guru Sekolah Dasar.

Arismunandar, Nurhikmah, H., & Wahed, A. (2020). Manajemen Stres Kerja guru. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 13(April), 1–96.

Asih, G. yuli, Widhiastuti, Dr. H., & Dewi, R. (2018). Stress Kerja.

Executive, H. S. (2016). Prevalensi Stress kerja dunia.

Gultom. (2010). Pengertian guru.

Hastono, S. P. (2016). Analisa Data Pada Bidang Kesehatan.

Heruwanto, J., Septian, D., & Kurniawan, E. N. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Putra Taro Paloma Bogor.

Hidayah, S. (2021). Kinerja Pegawai Selama Masa Pandemi Covid-19. September 2021, 142–155.

Indra, R., Christifera Lian, G., Abigail, J., Putri, I., Valencia, L., Sifra, E., Santoso, U., & Yosua, I. (2021). Gambaran Stres Kerja dan Koping Guru SMA saat Pembelajaran Daring selama Pandemi Description Work Stressor and Coping Strategies for High School Teacher during Online Learning in Pandemic Situations. Mind Set Edisi Khusus TIN, 1(1), 63–86.

International Labour Organization. (2020). Dalam Memahami Pandemi: Memastikan Keselamatan dan Kesehatan di Tempat Kerja. Jakarta.

Karima, A. (2014). Faktor - Faktor yang Berhubungan dengan stress kerja. 77–79.

Kemendikbud. (2021a). Panduan Orang Tua dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka.

Kemendikbud. (2021b). Pembelajaran Tatap Muka Terbatas.

Kemenkes RI. (2020). Pengertian coronavirus.

KOMINFO. (2020). Penyebaran COVID-19.

KOMINFO. (2021). Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan. (2020). Dinamika Perubahan Rumah Tangga selama Masa COVID-19. Jakarta 2020.

KOMPAS. (2020). Survei Stress Kerja di Indonesia.

Leguminosa, P., Nashori, F., & Rachmawati, M. A. (2017). Pelatihan Kebersyukuran Untuk Menurunkan Stres Kerja Guru Di Sekolah Inklusi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 5(2), 186. https://doi.org/10.22219/jipt.v5i2.4563

Maziyya, A. A., Risalati, N., & Islam, Q. (2021). Hubungan Beban Kerja , Work-Family Conflict , dan Stres Kerja pada Pekerja di Wilayah Pulau Jawa Saat Pandemi COVID-19 di Tahun 2020. October 2020, 337–346.

MHA. (2019). No Title.

Moh Muslim. (2020). Moh . Muslim : Manajemen Stress pada Masa Pandemi Covid-19 ” 193. Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192–201.

Munandar. (2011). Rutinitas Pekerjaan. 2, 23.

Notoatmodjo, S. (2014a). Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2014b). Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.

Rachmat, I. (2017). FOTOGRAFI KEHUMASAN SEBAGAI MEDIA PEMBENTUKAN CITRA YANG BAIK (STUDI EKSPLORATORI FOTOGRAFER KEHUMASAN).

Rahmawatti, I., Sa’adah, L., & Chabib, N. (2020). Karakteristik Individu dan Lingkungan Kerja serta Pengaruhnya terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (pp. 7–9).

Rahmi, S. (2021). Komunikasi Interpersonal dan Hubungannya dalam Konseling. In Komunikasi Interpesonal dan Hubungan dalam Konseling.

Renny, C. A. (2020). Management Stress Kerja Guru Sd Terhadap Beban Kerja Pada Masa Pandemi Covid-19. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 3(Vol 3, No 3 (2020)), 219–226. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia/article/view/13917/pdf

Rizki Amalia, B., Wahyuni, I., Bagian Keselamatan dan Kesehatan Kerja, E., & Kesehatan Masyarakat, F. (2017). HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK INDIVIDU, BEBAN KERJA MENTAL, PENGEMBANGAN KARIR DAN HUBUNGAN INTERPERSONAL DENGAN STRES KERJA PADA GURU DI SLB NEGERI SEMARANG (Vol. 5). http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm

Saleh, L. M., S.Russeng, S., & Tadjuddin, I. (2020). Manajemen Stres Kerja (Sebuah Kajian Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Dari Aspek Psikologis Pada ATC) (S. K. M. Nurul Mawaddah Syafitri, Ed.). Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Manajemen_Stres_Kerja_Sebuah_Kajian_Kese/vzP4DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Schaffhauser. (2020). Research: Students Feeling Stressed; So Are Their Teachers.

School Education Gateway. (2020). Survei eksplorasi pendapat tentang pengajaran online dan jarak jauh dari seluruh Eropa Tahun 2020.

Sinambela. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyanto. (1993). Beban Kerja : Konsep dan Pengukuran. Buletin Psikologi.

Sugiyono. (2012a). Memahami Penelitian Kualitatif.

Sugiyono. (2012b). Pengertian Populasi.

Sutrisno, E., Lengkong, V., Nelwan, O., & Dotulong, L. (2022). Pelaksanaan Sistem Kerja Work From Home Bagi Aparatur Sipil Negara (pp. 35–37).

Vanchapo, A. R. (2020). Beban Kerja dan Stres Kerja. Qiara Media. https://www.google.co.id/books/edition/Beban_Kerja_dan_Stres_Kerja/D77RDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Widiasih, W., & Nuha, H. (2018). Pengukuran Beban Kerja Mental Karyawan Dengan Kuisioner NASA TLX (Studi Kasus: Universitas ABC). Simposium Nasional RAPI XVII – 2018 FT UMS, 59–64.

Wulandari. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STRES KERJA PADA GURU SD, SMP, SMA DI SEKOLAH GALATIA KECAMATAN MEDAN SATRIA BEKASI PADA TAHUN 2020.

Yuwono, S. D. (2020). Profil Kondisi Stres Di Masa Pandemi Covid-19 Sebagai. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 132–138.

Zakri Abdullah, & S. R. (2015). Kemahiran meta-tingkah laku dan kemahiran membuat keputusan pelajar bermasalah disiplin dan tidak bermasalah disiplin. Pendidikan Malaysia, 40 (2). pp.

Downloads

Published

2023-04-19