Evaluation Use of Interactive Modules Cough And Shortness As Learning Media Independent Station Comprehensive
Keywords:
Interactive Module, Comprehensive Station, SUS, UEQAbstract
Modul Interaktif Batuk Sesak merupakan media yang dikembangkan Untuk memfasilitasi belajar mahasiswa mandiri di STASE secara komprehensif, kerangka dalam meningkatkan jumlah kelulusan peserta UKMPPD Fakultas Universitas Kedokteran Riau. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan dari suatu modul interaktif yang dikembangkan dengan mengukur peningkatan pengetahuan pengguna modul dan tingkat penerimaan pengguna (usability). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain eksperimen one group pretest posttest untuk mengevaluasi peningkatan pengetahuan dan deskriptif kuantitatif Untuk melihat penerimaan pengguna terhadap modul interaktif batuk dan sesak menggunakan 2 buah kuesioner yaitu System Usability Scale (SUS), User Experience Questionnaire (UEQ) . Studi ini diadakan di Fakultas Kedokteran Universitas Riau pada bulan September – November 2022. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dimana dengan uji beda antara skor rata-rata pre-test 57,91 dan rata-rata post-test 82,83, Paired Sample T-test menunjukkan perbedaan dengan sig. (2-ekor) dari 0,000 (p <0,05). Skor SUS sebesar 71 menunjukkan bahwa modul interaktif batuk sesak diperoleh rentang penerimaan yang dikembangkan adalah “acceptable” yang berarti dapat diterima. Pada skala nilai diperoleh kategori “C” dan pada penilaian kata sifat diperoleh kategori “baik”. Skor UEQ secara keseluruhan memiliki nilai rata-rata 1,52 dengan interpretasi “baik”. Kualitas pragmatis memiliki nilai rata-rata 1,80 dengan interpretasi “sangat baik”, untuk kualitas hedonik memiliki nilai rata-rata 1,22 dengan interpretasi “baik”.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Winarto Winarto, Firdaus Firdaus , Rossa Kamila Maharani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.