Tinjauan Literatur Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Perilaku Inisiasi Menyusui Dini (IMD) pada Ibu Postnatal
DOI:
https://doi.org/10.46799/jhs.v2i1.74Keywords:
inisiasi menyusui dini (IMD); pendidikan kesehatan; postnatalAbstract
Perilaku inisiasi menyusui dini (IMD) pada ibu postnatal masih menjadi masalah kesehatan di dunia. Prevalensi IMD di salah satu RS Pemerintah di Kota Tangerang pada kurun waktu Januari-Juli 2020 menunjukkan 25,4% ibu postnatal melakukan IMD. Sedangkan data di Provinsi Banten pada Desember 2018 menunjukkan 53,18% ibu melakukan IMD. Keterbatasan pengetahuan dan pengalaman menjadi pemicu tidak optimalnya perilaku IMD dan menyusui. Pendidikan kesehatan hadir sebagai salah satu alternatif solusi dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman ibu postnatal tentang menyusui. Tujuan penelitian dengan melakukan review artikel mengenai pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perilaku inisiasi menyusui dini (IMD) pada ibu postnatal dengan melakukan pencarian dan pengumpulan informasi dan melakukan analisis. Desain penelitian menggunakan literature review pada 20 artikel dari tahun 2016-2019 yang diambil dari pangkalan data seperti Google Scholar, Science direct, PubMed, Research Gate dan Elsevier. Hasil analisis dari berbagai penelitian menyimpulkan bahwa ada hubungan signifikan antara pendidikan kesehatan dengan perilaku menyusui dini (IMD) (p-value < 0.005). Perilaku IMD pada ibu postnatal masih jauh dari memuaskan. Prevalensi perilaku IMD diberbagai wilayah di dunia menunjukkan lebih dari setengah ibu menunda pemberian inisiasi menyusui. Pendidikan kesehatan tentang IMD perlu dilakukan secara terencana, terstruktur, massif, konsisten dan berkesinambungan.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Nurseha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.