Pengaruh Adaptasi Lingkungan Pembelajaran terhadap Kemampuan Akademik Mahasiswa Di Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama

Authors

  • Putri Elviani Universitas Abulyatama Aceh Besar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46799/jhs.v1i6.60

Keywords:

Adaptasi Lingkungan Pembelajaran, Kemampuan Akademik

Abstract

Keberhasilan mahasiswa dapat dilihat dari proses adaptasi di lingkungan pembelajaran kampus, dengan kemampuan akademik yang baik di setiap semester akan mencegah mahasiswa untuk dropout. Kemampuan akademik yang baik pada perkuliahan sangat penting untuk motivasi berkelanjutan sampai mereka lulus. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh adaptasi lingkungan akademik di perguruan tinggi terhadap kemampuan akademik mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dan pendekatan secara cross sectional, teknik pengambilan sampelnya adalah total sampling. Alat pengumpulan data untuk kemampuan akademik memakai nilai indeks prestasi kumulatif. Kemudian menggunakan The Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ)) untuk mengukur adaptasi lingkungan pembelajaran di perguruan tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil analisis uji chi-square mendapatkan nilai P=0.04 sehingga hipotesa kerja (ho) ditolak, berarti terdapat hubungan pengaruh adaptasi terhadap metode pembelajaran mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama.

Downloads

Published

2020-12-24