Pengaruh Adaptasi Lingkungan Pembelajaran terhadap Kemampuan Akademik Mahasiswa Di Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama
DOI:
https://doi.org/10.46799/jhs.v1i6.60Keywords:
Adaptasi Lingkungan Pembelajaran, Kemampuan AkademikAbstract
Keberhasilan mahasiswa dapat dilihat dari proses adaptasi di lingkungan pembelajaran kampus, dengan kemampuan akademik yang baik di setiap semester akan mencegah mahasiswa untuk dropout. Kemampuan akademik yang baik pada perkuliahan sangat penting untuk motivasi berkelanjutan sampai mereka lulus. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh adaptasi lingkungan akademik di perguruan tinggi terhadap kemampuan akademik mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dan pendekatan secara cross sectional, teknik pengambilan sampelnya adalah total sampling. Alat pengumpulan data untuk kemampuan akademik memakai nilai indeks prestasi kumulatif. Kemudian menggunakan The Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ)) untuk mengukur adaptasi lingkungan pembelajaran di perguruan tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil analisis uji chi-square mendapatkan nilai P=0.04 sehingga hipotesa kerja (ho) ditolak, berarti terdapat hubungan pengaruh adaptasi terhadap metode pembelajaran mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Putri Elviani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.