Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Tumbuh Kembang Balita Di Desa Langke Kecamatan Gentuma Raya Provinsi Gorontalo
DOI:
https://doi.org/10.46799/jhs.v2i2.117Keywords:
Knowledge, Growth, ToddlersAbstract
Istilah tumbuh kembang sebenarnya mencakup dua peristiwa yang sifatnya berbeda, namun keduanya saling berkaitan sehingga sulit untuk dipisahkan. Stimulasi dalam tumbuh kembang pada balita merupakan hal yang penting untuk diperhatikan terutama oleh ibu sebagai orang terdekat dengan balita. Tujuan umum penelitian ini adalah mengetahui tingkat pengetahuan ibu tentang tumbuh kembang balita di desa Langke Kecamatan Gentuma Raya pada tingkat baik, cukup, dan kurang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, teknik pengambilan sampel dengan total sampling dengan jumlah sampel 35 responden, lokasi dan waktu penelitian di desa Langke Kecamatan Gentuma Raya pada bulan Juni-Juli 2020, instrument penelitian menggunakan kuesioner. Hasil penelitian dari 35 responden diperoleh hasil responden yang memiliki pengetahuan baik sebanyak 8 responden (22%), cukup sebanyak 23 responden (65,7%), kurang sebanyak 4 responden (11,4%). Berdasarkan pekerjaan hampir semua responden adalah Ibu Rumah Tangga (IRT) 29 responden (82,9%), mayoritas pendidikan terakhir SMA 18 responden (51,4%), dengan usia 17-23 dan 24-29 tahun. Berdasarkan hasil penelitian pengetahuan ibu tentang tumbuh kembang balita di Desa Langke Kecamatan Gentuma Raya masih di rentang cukup (65,7%), disarankan kepada ibu agar dapat mengikuti program di fasilitas kesehatan yang ada karena pengetahuan ibu akan menjadi penentu terhadap sikap dan perilaku dalam memberikan nutrisi, kasih sayang, dan frekuensi stimulasi yang diberikan kepada balita.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Andro Ruben Runtu, Amelia Rattoe, Rosita Siska Kalalo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.